Demokrat bahaya jika terus bergantung pada SBY

Selasa, 18 Desember 2012 - 10:06 WIB
Demokrat bahaya jika terus bergantung pada SBY
Demokrat bahaya jika terus bergantung pada SBY
A A A
Sindonews.com - Peran sentral Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sangat mempengaruhi masa depan partai berlambang bintang mercy ini.

Pengamat politik Indria Samego mengatakan, posisi Demokrat akan goyah jika terus menggantungkan pada ketokohan SBY. Pasalnya di 2014 masa kepemimpinan Presiden SBY akan berakhir.

"Masa depan SBY kan saat ini akan habis. Pengaruhnya akan berkurang, karena saat ini kader Demokrat yang ada tidak melihat partainya, mereka melihat presidennya, dan hanya ingin dekat dengan pusat kekuasaan," kata kata Indria, saat dihubungi Sindonews, Selasa (18/12/2012).

Lebih lanjut dia mengatakan, sampai saat ini belum ada figur di dalam internal Demokrat, yang bisa menggantikan sosok SBY.

"Artinya, masa depan Demokrat masih bergantung pada SBY. Orang belum melihat politikus Demokrat yang bisa jadi pemimpin di dalam maupun di luar partai, artinya secara nasional," ucapnya.

Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini menambahkan, apalagi dengan banyaknya kader Demokrat yang tersandung kasus korupsi. Menurutnya, hal tersebut menambah berat perjuangan Demokrat untuk bisa meroket seperti Pemilu sebelumnya.

"Kasus-kasus korupsi yang melibatkan kadernya, semakin menurunkan Demokrat di mata publik," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5383 seconds (0.1#10.140)